Etika Bisnis - Etika Profesi
Bingung bikin opening yang cwaKep, yauda template ajadah hahaha.....
disini aku akan sedikit menceritakan pengalaman dan pelajaran yang aku dapat saat belajar secara online Etika Profesi point : Etika Bisnis
Etika Bisnis merupakan suatu bentuk etika profesi yang mengatur prinsip etika dan masalah etika di lingkungan bisnis. Di dalam etika bisnis ini berlaku untuk semua aspek dalam bisnis mulai dari aspek produksi, distribusi, pemasaran, penjualan dan konsumsi barang dan jasa, serta berasal dari individu, aturan organisasi, ataupun sistem hukum yang ada.
Kenapa sih dalam berbisnis perlu adanya etika ?ada beberapa alasan mengapa etika bisnis merupakan suatu hal yang harus ada pada bisnis:
1. Pada bisnis tidak hanya mempertaruhkan barang dan uang sebagai tujuan keuntungan namun juga mempertaruhkan nama, harga diri, bahkan nasib manusia sebagai pegawai pada bisnis tersebut
2. Bisnis termasuk bagian penting bagi masyarakat
3. Sebagai pedoman bagi pihak-pihak yang melakukan bisnis, karena bisnis sendiri memerlukan etika dalam kegiatannya
4. Bisnis yang baik merupakan bisnis yang bisa berhubungan baik dengan para anggota serta menciptakan suasana yang nyaman
Pada etika bisnis sendiri memiliki prinsip yang harus dijalankan yaitu honesty, Avoid Conflicts, Compliance, Relevant Information, Law abiding, Fulfilling commitment. Selain itu ada beberapa prinsip lainnya seperti:
- Tanggung jawab bisnis :dari shareholders ke stakeholders
- Dampak ekonomis dan sosial dari bisnis menuju : inovasi keadilan dan komunitas dunia
- Pelaku bisnis : Dari hukum yang tersurat ke semangat saling percaya
- Sikap menghormati aturan
- Dukungan bagi perdagangan multilateral
- Sikap hormat lingkungan alam
- Menghindari operasi-operasi bisnis yang tidak etis
Prinsip Etika Bisnis, antara lain :
Prinsip Otonomi
kemampuan mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran tentang apa yang baik untuk dilakukan dan bertanggung jawab secara moral atas keputusan yang diambil
Prinsip Kejujuran
bisnis tidak akan tahan lama jika tidak dilandasi kejujuran karena kejujuran kunci keberhasilan suatu bisnis
Prinsip Keadilan
tiap orang dalam berbisnis harus mendapat perlakuan yang sesuai dengan haknya masing- masing, artinya tidak ada yang boleh dirugikan haknya
Prinsip Saling Menguntungkan atau Simbiosis Mutualisme
agar semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan, demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif
Prinsip Integritas Moral
para pelaku bisnis harus menjaga nama baik pribadi dan perusahaan/organisasi agar tetap dipercaya dan berintegritas tinggi.
PerMasalahAn Etika dalam Bisnis merupakan sebuah masalah, situasi dan peluang yang dapat diidentifikasi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tindakan yang dapat dievaluasi sbg tindakan yg benar atau salah, etis atau tidak etis. Cara terbaik untuk menilai etis atau tidak etis adalah dengan melihat sudut pandang customer atau competitor.
Contoh masalah dalam bisnis : Seorang marketing property menawarkan hadiah berupa tiket nonton festival kepada pelanggannya. Apakah sekedar praktik penjualan atau lebih ?
Jawabannya sangat sulit untuk ukuran transaksi bisnis tidak ada masalah.Namun aka nada banyak factor lain untuk menentukan apakah tindakan tersebut dinilai benar dan salah oleh orang lain.
E-COMMERCE
Apa itu e-commerce?
E-commerce merupakan kemampuan perusahaan untuk menyediakan website dinamis (dynamic presence) pada internet yang dapat digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik atau memiliki sebuah took online. Ada beberapa alasan mengapa e-commerce banyak diminati karena memiliki kelebihan seperti:
1. Produk dapat diiklankan,dijual dan dibayarkan secara elektronik
2. Mampu dalam menyediakan transaksi belanja yang aman melalui internet dan hamper secara verifikasi dan validasi transaksi kartu kredit.
3. Secara cost dan jangkauan pasar, e-commerce jauh lebih unggul dibandingkan conventional store.
Benefit dari e-commerce
- Akses terhadap pasar global
- Penjualan lngsung tanpa melalui perantara
- Usaha kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar
- Melakukan jual beli kapan saja
- Mampu membentuk loyalitas konsumen
- Mengurangi biaya pemasaran produk secara konvensional
- Perusahaan mendapat informasi detail tentang konsumen
- Keamanan transaksi verifikasi otomatis keamanan situs
- Perusahaan mendapat informasi detail tentang konsumen
- Keamanan transaksi verifikasi otomatis keamanan situs
Etika dalam E-Commerce Terdapat dalam peraturan menteri perdagangan ri tentang e-commerce yang kemudian dimuat dalam UU nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan.
Masalah dalam E-Commerce
Web spoofing
Hacker membuat situs palsu yang hampir mirip dengan situs asli untuk menarik konsumen untuk memberikan nomor kartu kredit atau data penting lainnya.
Cybersquatting
Seseorang menggunakan nama domain pemilik organisasi terkenal tujuannya untuk melanggar trademark. Kemudian memeras pemilik trademark aslinya dan mematok harga yang jauh lebih mahal.
Online piracy
Pembajakan online yang melanggar hak atas kekayaan intelektual seperti e-book music,video dll
Email Spamming
Spamming melalui email yang pernah dimasukkan oleh konsumen. Kemudian dijadikan sebagai pasar untuk mengiklankan produk secara berkala.
Masalah penyalahgunaan informasi pribadi pada konsumen Privacy Invasion dapat dilakukan dengan 3 cara :
1. Ecommerce membeli informasi individu seperti detail personal,shopping habit, dan pola kunjungan website kemudian dijual kepada perusahaan untuk pemasaran produk
2. Informasi pribadi “dicegat/interrupt” oleh pihak yang tidak seharusnya mengetahui informasi pribadi kita
3. Malware yang disisipkan melalui web yang merekam seluruh aktivitas konsumen pada website yang disimpan pada cookie.
sekian materi online yang sama terima, karena kalau yang saya tangkap itu ayam. hehe...
sekian terimakasih.-
Komentar
Posting Komentar